-->

Halaman

    Social Items



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.[1] Statistik sangat penting dalam kegiatan sehari-hari manusia. Hal ini dapat dilihat bagaimana seseorang mampu meprediksi sesuatu dengan menggunakan alat bantu statistik, misalnya  pengamat ekonomi masyarakat dapat mengamati dan memprediksikan bagaimana pertumbuhan ekonomi masyarakat setiap tahunnya dengan menggunakan statistik. Contoh lainnya, dalam bidang politik dan pemerintahan, dapat memprediksi calon presiden atau pemimpin daerah yang akan terpilih dalam pemilihan umum melalui quick count yaitu perhitungan cepat menggunakan prediksi dari data yang dikumpulkan dari berbagai daerah. Bukan hanya pengamat ekonomi, politik dan pemerintahan, tetapi statistik juga sangat penting dan bermanfaat  dalam kegiatan sehari-hari pada disiplin ilmu lain atau bidang ilmu lain seperti bidang pendidikan, bidang sosial, bidang kedokteran, bidang industri dan bidang lainnya.
Statistik juga digunakan pada level perguruan tinggi tertentu, termasuk Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry  tidak terkecuali Fakultas Adab dan Humaniora khususnya Prodi S1 Ilmu Perpustakaan. Dalam buku panduan mahasiswa UIN Ar-Raniry, statistik adalah mata kuliah  yang menjadi syarat bagi mahasiswa agar dapat mengambil mata kuliah “Metodelogi Penelitian Ilmu Perpustakaan” pada semester selanjutnya dan juga sebagai pengetahuan dalam melakukan penelitian ilmiah dalam menganalisis data dari hasil penelitian.
Dalam melakukan sebuah penelitian ilmiah, statistik juga berperan penting terutama pada penelitian kuantitatif  dalam menganalisis dan mengolah data dari hasil penelitian. Manfaat atau kegunaan statistik dalam penelitian yaitu untuk mengetahui suatu kecenderungan dalam hasil  penelitian. Mampu menentukan kapan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dalam menganalisis data penelitian, mampu menerapkan hitungan statistik dalam penelitian korelasional antar dua atau lebih variable, dapat mencari pengaruh dua atau lebih variable dengan penyelesaian regresi, dapat mengaplikasikan statistik di dalam menganalisis data penelitian dalam bidang Ilmu Perpustakaan Mampu menyajikan data dalam berbagai bentuk grafik.
Dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Statistik dijelaskan bahwa mata kuliah statistik bertujuan agar mahasiswa Ilmu Perpustakaan mampu mengerti pengertian dan konsep statistik serta mampu menerapkan statistik dalam menganalisis data hasil-hasil penelitian dan data di perpustakaan.[2]
Dalam penelitian kuantitatif, statistik merupakan metode utama yang digunakan untuk melakukan generalisasi terhadap hasil penelitian. Ketika seorang peneliti akan menarik kesimpulan umum menjadi lebih luas, maka di saat itu statistik sangat diperlukan.[3]
Akan tetapi, berdasarkan observasi beberapa mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan, ditemukan mereka mengalami kesulitan dalam menganalisis data kuantitatif. Hal ini mungkin diakibatkan oleh kemampuan dasar mahasiswa dalam pengolahan data statistik yang minim meskipun mereka telah mengambil mata kuliah statistik dengan bobot 3 SKS (2 jam 15 menit). Hal ini memunculkan pertanyaan bagi peneliti bagaimana pengaruh mata kuliah statistik terhadap kemampuan analisis data kuantitatif.  Dari latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Mata Kuliah Statistik Terhadap Kemampuan Analisis Data Kuantitatif Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2011 Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry”.

FULTEXT : CONTACT US

Pengaruh Mata Kuliah Statistik Terhadap Kemampuan Analisis Data Kuantitatif Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.[1] Statistik sangat penting dalam kegiatan sehari-hari manusia. Hal ini dapat dilihat bagaimana seseorang mampu meprediksi sesuatu dengan menggunakan alat bantu statistik, misalnya  pengamat ekonomi masyarakat dapat mengamati dan memprediksikan bagaimana pertumbuhan ekonomi masyarakat setiap tahunnya dengan menggunakan statistik. Contoh lainnya, dalam bidang politik dan pemerintahan, dapat memprediksi calon presiden atau pemimpin daerah yang akan terpilih dalam pemilihan umum melalui quick count yaitu perhitungan cepat menggunakan prediksi dari data yang dikumpulkan dari berbagai daerah. Bukan hanya pengamat ekonomi, politik dan pemerintahan, tetapi statistik juga sangat penting dan bermanfaat  dalam kegiatan sehari-hari pada disiplin ilmu lain atau bidang ilmu lain seperti bidang pendidikan, bidang sosial, bidang kedokteran, bidang industri dan bidang lainnya.
Statistik juga digunakan pada level perguruan tinggi tertentu, termasuk Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry  tidak terkecuali Fakultas Adab dan Humaniora khususnya Prodi S1 Ilmu Perpustakaan. Dalam buku panduan mahasiswa UIN Ar-Raniry, statistik adalah mata kuliah  yang menjadi syarat bagi mahasiswa agar dapat mengambil mata kuliah “Metodelogi Penelitian Ilmu Perpustakaan” pada semester selanjutnya dan juga sebagai pengetahuan dalam melakukan penelitian ilmiah dalam menganalisis data dari hasil penelitian.
Dalam melakukan sebuah penelitian ilmiah, statistik juga berperan penting terutama pada penelitian kuantitatif  dalam menganalisis dan mengolah data dari hasil penelitian. Manfaat atau kegunaan statistik dalam penelitian yaitu untuk mengetahui suatu kecenderungan dalam hasil  penelitian. Mampu menentukan kapan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dalam menganalisis data penelitian, mampu menerapkan hitungan statistik dalam penelitian korelasional antar dua atau lebih variable, dapat mencari pengaruh dua atau lebih variable dengan penyelesaian regresi, dapat mengaplikasikan statistik di dalam menganalisis data penelitian dalam bidang Ilmu Perpustakaan Mampu menyajikan data dalam berbagai bentuk grafik.
Dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Statistik dijelaskan bahwa mata kuliah statistik bertujuan agar mahasiswa Ilmu Perpustakaan mampu mengerti pengertian dan konsep statistik serta mampu menerapkan statistik dalam menganalisis data hasil-hasil penelitian dan data di perpustakaan.[2]
Dalam penelitian kuantitatif, statistik merupakan metode utama yang digunakan untuk melakukan generalisasi terhadap hasil penelitian. Ketika seorang peneliti akan menarik kesimpulan umum menjadi lebih luas, maka di saat itu statistik sangat diperlukan.[3]
Akan tetapi, berdasarkan observasi beberapa mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan, ditemukan mereka mengalami kesulitan dalam menganalisis data kuantitatif. Hal ini mungkin diakibatkan oleh kemampuan dasar mahasiswa dalam pengolahan data statistik yang minim meskipun mereka telah mengambil mata kuliah statistik dengan bobot 3 SKS (2 jam 15 menit). Hal ini memunculkan pertanyaan bagi peneliti bagaimana pengaruh mata kuliah statistik terhadap kemampuan analisis data kuantitatif.  Dari latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Mata Kuliah Statistik Terhadap Kemampuan Analisis Data Kuantitatif Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2011 Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry”.

FULTEXT : CONTACT US

Baca Juga
Load Comments